Visi & Misi

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah mendukung untuk mewujudkan Visi Kota Tasikmalaya Tahun 2017-2022 yaitu "KOTA TASIKMALAYA YANG RELIGIUS, MAJU DAN MADANI”.

Adapun misi dalam upaya pencapaian visi tersebut di atas adalah sebagai berikut : 

  1.  Mewujudkan tata nilai kehidupan masyarakat yang religius dan berkearifan lokal.
  2.  Mengurangi tingkat kemiskinan dan meningkatkan daya beli masyarakat.
  3.  Memantapkan infrastruktur dasar perkotaan guna mendorong pertumbuhan dan pemerataan pembangunan yang berwawasan lingkungan.
  4.  Memenuhi kebutuhan pelayanan dasar masyarakat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
  5.  Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah bertanggungjawab untuk mendukung Misi ke 5 yaitu meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Misi ini dimaksudkan bahwa untuk mewujudkan pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang profesional, efektif, efisien, transparan dan akuntabel perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas dan kapasitas aparatur, pengelolaan keuangan dan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah serta pelayanan publik yang didukung oleh sarana bangunan kantor dan prasarana pemerintahan yang representatif, serta pemanfaatan teknologi dan sistem informasi yang terintegrasi.

Selanjutnya BPKAD, dalam mewujudkan pencapaian Misi ke 5 tersebut mengacu pada tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan jangka menengah daerah yang tertuang dalam RPJMD. Adapun tujuan sasaran, strategi dan arah kebijakan dalam RPJMD yang sesuai dengan sesuai tugas dan fungsi BPKAD Kota Tasikmalaya adalah  :

Tujuan ke delapan dari misi ke lima yaitu terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang profesional, efektif, efisien, transparan, akuntabel, bebas korupsi, kolusi dan nepotisme berbasis teknologi informasi, dengan sasaran :

  1. Sasaran ke lima belas meningkatnya kualitas layanan publik berbasis teknologi informasi, dan strategi meningkatkan pelayanan publik yang profesional, inovatif dan memuaskan berbasis teknologi infomasi yang dilaksanakan melalui program tasik layanan prima, serta arah kebijakan peningkatan kualitas dan kuantitas aparatur, penguatan kelembagaan, penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, percepatan penerapan sistem dan teknologi informasi pada semua layanan publik, serta peningkatan keterbukaan informasi dan komunikasi publik.
  2. Sasaran ke enam belas yaitu meningkatnya sistem akuntabilitas pengelolaan keuangan dan kinerja daerah, dan strategi meningkatkan sistem pengelolaan keuangan daerah yang terintegrasi mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengawasan, dan pelaporan melalui pelaksanaan program peningkatan kinerja keuangan dan aparatur yang beroerientasi pada hasil dan kinerja, serta arah kebijakan peningkatan sistem perencanaan pembangunan daerah yang inovatif dan partisipatif, penganggaran dan penatausahaan keuangan dan aset daerah yang proporsional dan akuntabel, peningkatan pelaksanaan, pengawasan dan pelaporan pembangunan yang transparan dan akuntabel, serta memacu peningkatan PAD untuk mendukung pendanaan pembangunan daerah.

Dengan mengacu pada tujuan sasaran, strategi dan arah kebijakan dalam RPJMD tersebut di atas, maka disusun tujuan dan sasaran jangka menengah BPKAD yang ditetapkan dalam Rencana Strategis BPKAD Tahun 2017-2022 yaitu sebagai berikut :

Tujuan BPKAD :

  1.  Meningkatnya pelayanan pengelolaan keuangan dan aset daerah
  2.  Meningkatnya pengelolaan keuangan dan aset daerah
  3.  Meningkatnya tata kelola keuangan dan kinerja perangkat daerah

Sasaran BPKAD :

  1.  Meningkatnya kualitas pelayanan pengelolaan keuangan dan aset daerah
  2.  Meningkatnya tata kelola keuangan dan aset daerah yang akuntabel
  3.  Meningkatnya akuntabilitas  keuangan dan kinerja perangkat daerah


footer