Tujuan & Sasaran

Tujuan dan sasaran jangka menengah BPKAD Kota Tasikmalaya Tahun 2023-2026 mengacu pada tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kota Tasikmalaya Tahun 2023-2026. Adapun tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan sesuai tugas dan fungsi BPKAD Kota Tasikmalaya pada tujuan ke-5 yaitu terwujudnya implementasi reformasi birokrasi dan sasaran ke-11 yaitu meningkatnya kualitas pelayanan publik dan akuntabilitas pengelolaan  keuangan dan kinerja daerah yang inovatif berbasis teknologi informasi, dengan strategi dan arah kebijakan sebagai berikut :

Strategi :

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan publik yang cepat, mudah, transparan, profesional dan inovatif berbasis teknologi infomasi;
  2. Meningkatkan sistem pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien, transparan, akuntabel dan terintegrasi mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengawasan, dan pelaporan yang diimbangi dengan peningkatan pendapatan daerah.

Arah kebijakan :

  1. Peningkatan kualitas dan kuantitas aparatur yang ditunjang oleh penyediaan sarana prasarana yang memadai;
  2. Peningkatan sistem pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien, transparan, akuntabel dan terintegrasi mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengawasan, dan pelaporan;
  3. Peningkatan pendapatan daerah untuk mendukung pendanaan pembangunan daerah.

Mengacu pada tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan dalam RPD Kota Tasikmalaya Tahun 2023-2026 tersebut, maka disusun tujuan dan sasaran jangka menengah BPKAD Kota Tasikmalaya beserta indikator kinerjanya sebagai berikut :

Tujuan :

  1. Terwujudnya Implementasi Reformasi Birokrasi
  2. Terwujudnya pengelolaan keuangan dan aset daerah yang tertib, transparan dan akuntabel

Sasaran :

  1. Meningkatnya Kualitas Pelayanan Publik dan Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah yang Transparan, Efektif dan Efisien
  2. Meningkatnya kinerja pengelolaan keuangan dan aset daerah yang tertib, transparan dan akuntabel

Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka strategi yang digunakan dalam rangka pencapaian sasaran yaitu sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan publik yang cepat, mudah, transparan dan profesional;
  2. Meningkatkan sistem pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Arah Kebijakan adalah rumusan kerangka pikir atau kerangka kerja untuk menyelesaikan permasalahan pembangunan dan mengantisipasi isu strategis Daerah/ Perangkat Daerah yang dilaksanakan secara bertahap sebagai penjabaran strategi. Kebijakan yang diambil dalam rangka pelaksanaan strategi tersebut yaitu sebagai berikut :

  1. Peningkatan kualitas dan kuantitas aparatur yang ditunjang oleh penyediaan sarana prasarana yang memadai;
  2. Peningkatan sistem pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.


footer